KESIAPAN SEKOLAH PADA IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kebijakan kepala sekolah pada ujian sekolah tahun 2021, (2) Perencanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tahun 2021,
(3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMK YPP Purworejo, (4) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK YPP Purworejo tahun pelajaran 2020/2021. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Subyek dalam penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan tim seksi bidang pengajaran SMK YPP Purworejo yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengujian data yang digunakan yaitu teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan kepala sekolah pada ujian sekolah tahun 2021 adalah pada bentuk ujian sekolah yang dapat dikembangkan oleh masing- masing guru dan waktu pelaksanaan ujian sekolah yang fleksibel menyesuaikan dengan bentuk asesmen ujian sekolah. (2) Perencanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tahun 2021 adalah berdasarkan kebijakan kepala sekolah yakni pemberian tugas rangkuman literasi kepada siswa, guru membuat soal-soal pada modul pembelajaran yang mencakup soal pemahaman, pembandingan, penalaran, analisis, dan soal soal evaluasi, guru Bimbingan Konseling membuka konseling secara online setiap hari Sabtu. Perangkat sekolah telah siap pada AKM tahun 2021. (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMK YPP Purworejo disusun dengan menggunakan tiga prinsip penyusunan RPP yakni prinsip efisien, prinsip efektif, dan prinsip berorientasi pada siswa. (4) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK YPP Purworejo tahun pelajaran 2020/2021 tidak menggunakan sistem zonasi. PPDB di SMK YPP Purworejo mengikuti kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.
Kata Kunci: Kesiapan, Kebijakan Sekolah, Merdeka Belajar
(3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMK YPP Purworejo, (4) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK YPP Purworejo tahun pelajaran 2020/2021. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Subyek dalam penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan tim seksi bidang pengajaran SMK YPP Purworejo yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengujian data yang digunakan yaitu teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan kepala sekolah pada ujian sekolah tahun 2021 adalah pada bentuk ujian sekolah yang dapat dikembangkan oleh masing- masing guru dan waktu pelaksanaan ujian sekolah yang fleksibel menyesuaikan dengan bentuk asesmen ujian sekolah. (2) Perencanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tahun 2021 adalah berdasarkan kebijakan kepala sekolah yakni pemberian tugas rangkuman literasi kepada siswa, guru membuat soal-soal pada modul pembelajaran yang mencakup soal pemahaman, pembandingan, penalaran, analisis, dan soal soal evaluasi, guru Bimbingan Konseling membuka konseling secara online setiap hari Sabtu. Perangkat sekolah telah siap pada AKM tahun 2021. (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMK YPP Purworejo disusun dengan menggunakan tiga prinsip penyusunan RPP yakni prinsip efisien, prinsip efektif, dan prinsip berorientasi pada siswa. (4) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK YPP Purworejo tahun pelajaran 2020/2021 tidak menggunakan sistem zonasi. PPDB di SMK YPP Purworejo mengikuti kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.
Kata Kunci: Kesiapan, Kebijakan Sekolah, Merdeka Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.