PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI JARINGAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan, faktor pendukung serta penghambat pada saat pembelajaran daring (dalam jaringan) di SD Negeri Jatiwaringin XIII Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, subjek penelitian terdiri dari satu Kepala Sekolah, Sembilan Guru dan duabelas siswa di SD Negeri Jatiwaringin XIII Bekasi, Kota Bekasi Jawa Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian kualitatif ini terdiri atas: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Studi Dokumentasi. Sementara itu, intrumen yang digunakan pada penelitian ialah: 1) lembar pengamatan, 2) pedoman wawancara dan 3) studi dokumentasi. Hasil pengumpulan data kemudian dilakukan analisis, penggunaan teknik analisis data ialah deskriptif kualitatif dengan langkah – langkah: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, dan 4) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring di SD Negeri Jatiwaringin XIII Bekasi terdiri atas 1) perencanaan, pada yaitu pada perencanaan guru membuat RPP yang disesuaikan dengan pembelajaran daring 2) pelaksanaan, pada pelaksanaan pembelajaran guru melakukan apersepsi pengetahuan yang dimiliki siswa terhadap materi yang akan disampaikan, dalam beberapa materi guru melakukan pre test dan 3) penutup pada kegiatan penutup guru memberikan rangkuman terhadap seluruh materi yang disampaikan pada saat proses pembelajaran
Kata kunci: Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid 19, Sekolah Dasar
Kata kunci: Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid 19, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.