PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING BESMART SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Rama Faiz Pangestu, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan e-learning besmart terhadap minat belajar Teknologi Pendidikan, (2) untuk mengetahui pengaruh interaktivitas e-learning besmart terhadap minat belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan, (3) untuk mengetahui pengaruh konvergensi media e-learning besmart terhadap minat belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode Expost Facto, sampel berjumlah 60 mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2017, 2018, dan 2019 dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pemanfaatan e-learning berpengaruh signifikan terhadap minat belajar mahasiswa teknologi pendidikan dengan thitung 3,805 > ttabel 1,671 dan nilai Sig 0,000 < 0,05. Karena harga thitung > ttabel dan Sig < 0,05, serta memiliki kontribusi sebesar 20%; (2) interaktivitas e-learning besmart berpengaruh signifikan terhadap minat belajar mahasiswa teknologi pendidikan dengan thitung 3,357 > ttabel 1,671 dan nilai Sig 0,001 < 0,05. Karena harga thitung > tabel, dan Sig < 0,05, serta memiliki kontribusi sebesar 16,3%; (3) konvergensi media e-learning besmart berpengaruh signifikan terhadap minat belajar mahasiswa teknologi pendidikan dengan thitung 3,824 > ttabel 1,671 dan nilai Sig 0,000 < 0,05, serta memiliki kontribusi sebesar 20,1%.
Kata kunci: E-Learning, Interaktivitas, Konvergensi Media dan Minat Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter