KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR BERBASIS TIK DI SDN SILUK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam pengelolaan sumber belajar berbasis TIK di SD Negeri Siluk Imogiri Bantul. Tujuan dari pengelolaan ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam merancang sumber belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), (2) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan sumber belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), (3) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam mengevaluasi sumber belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan semua guru kelas maupun guru mata pelajaran di SD Negeri Siluk atau dapat diartikan bahwa semua populasi dijadikan subjek penelitian yaitu terdiri dari 8 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi (content validity) dengan mengkonsultasikan butir-butir instrument yang telah disusun kepada para ahli (expert judgement) sedangkan uji reliabilitas menggunakan bantuan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 26.0 for windows. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mengggunakan teknik analisis statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian dari angket yang diperoleh menunjukkan bahwa tiga tahap pengelolaan yang diteliti secara keseluruhan sudah sangat baik. Pertama pada tahap perencanaan dikategorikan sangat baik karena berada pada skor 86,67%. Kedua, pada tahap pemanfaatan dikategorikan sangat baik karena berada pada skor 82,12%. Ketiga, tahap evaluasi dikategorikan sangat baik karena berada pada skor 82,50%.
Kata Kunci : kompetensi pedagogik, pengelolaan sumber belajar, TIK.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan semua guru kelas maupun guru mata pelajaran di SD Negeri Siluk atau dapat diartikan bahwa semua populasi dijadikan subjek penelitian yaitu terdiri dari 8 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi (content validity) dengan mengkonsultasikan butir-butir instrument yang telah disusun kepada para ahli (expert judgement) sedangkan uji reliabilitas menggunakan bantuan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 26.0 for windows. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mengggunakan teknik analisis statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian dari angket yang diperoleh menunjukkan bahwa tiga tahap pengelolaan yang diteliti secara keseluruhan sudah sangat baik. Pertama pada tahap perencanaan dikategorikan sangat baik karena berada pada skor 86,67%. Kedua, pada tahap pemanfaatan dikategorikan sangat baik karena berada pada skor 82,12%. Ketiga, tahap evaluasi dikategorikan sangat baik karena berada pada skor 82,50%.
Kata Kunci : kompetensi pedagogik, pengelolaan sumber belajar, TIK.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.