PEMANFAATAN DIGITAL LIBRARY SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Haryo Adi Pradana, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Digital Library sebagai sumber belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta melalui tiga aspek, yaitu: 1) Intensitas pemanfaatan Digital Library, 2) Aktivitas Pemanfaatan Digital Library, dan 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan Digital Library. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 305 mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, dengan teknik pengambilan data sampel Stratified Random Sampling sebanyak 76 mahasiswa. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dan uji reliabilitas instumen menggunakan teknik expert judgement. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan Digital Library sebagai sumber belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta berada dalam kategori cukup (63.85%). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hasil dari masing-masing aspek adalah sebagai berikut: 1) Intensitas Pemanfaatan Digital Library berada dalam kategori cukup (53.35%), 2) Aktivitas Pemanfaatan Digital Library berada dalam kategori cukup (63.02%), dan 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan Digital Library berada dalam kategori cukup (69.93%).
Kata kunci: Digital Library, Pemanfaatan, Teknologi Pendidikan, Sumber Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter