HUBUNGAN KEMAMPUAN INSTRUKTUR DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DENGAN KINERJA BELAJAR PESERTA DIKLAT MENJAHIT DI BLK SLEMAN

Elisa Dwi Setyaningsih, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan instruktur dalam merencanakan pembelajaran di Balai Latihan Kerja Kabupaten Sleman, 2) kemampuan instruktur dalam melaksanakan pembelajaran di Balai Latihan Kerja Kabupaten Sleman, 3) kinerja belajar dari peserta diklat menjahit di Balai Latihan Kerja Kabupaten Sleman, 4) hubungan antara kemampuan instruktur dalam mengelola pembelajaran dan kinerja belajar peserta diklat menjahit di Balai Latihan Kerja Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelatif dengan pendekatan campuran metode sekuensial eksploratori. Subyek penelitian ini yaitu instruktur dan peserta diklat menjahit di Balai Latihan Kerja Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan, uji hipotesis menggunakan teknik analisis chi-kuadrat. Sedangkan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini kemampuan instruktur dalam mengelola pembelajaran pada diklat menjahit di BLK Sleman dalam aspek perencanaan serta pelaksanaan mencapai hasil yang cukup baik dan baik. Kemudian, kinerja belajar peserta diklat menjahit di BLK Sleman sudah sangat baik. Serta adanya hubungan diantara kedua variabel penelitian yaitu variabel kemampuan instruktur dalam mengelola pembelajaran dengan kinerja belajar peserta diklat menjahit di BLK Sleman.
Kata kunci: pengelolaan pembelajaran, kinerja belajar, hubungan, pendekatan campuran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter