PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN 2 SLEMAN

Irma Monita Putri, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merencanakan sumber belajar di perpustakaan SD Negeri Percobaan 2 Sleman. (2) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan layanan pemanfaatan sumber belajar di SD Negeri Percobaan 2 Sleman. (3) mendeskripsikan evaluasi kegiatan layanan pemanfaatan sumber belajar di perpustakaan di SD Negeri Percobaan 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian kebsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perpustakaan telah melakukan perencanaan sumber belajar sesuai prinsip pemilihan koleksi perpustakaan. (2) pelaksanaan layanan pemanfaatan sumber belajar yang dimiliki yaitu pelayanan sirkulasi yang dibuka setiap hari Senin hingga Sabtu dengan pengawasan dari pustakawan dan pelayanan referensi. (3) kegiatan evaluasi kegiatan layanan pemanfaatan sumber belajar dengan membandingkan laporan statistik kunjungan, peminjaman, dan keterpakaian sumber belajar setiap bulan.
Kata Kunci: pengelolaan perpustakaan, perpustakaan sekolah, sumber belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter