DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP KETAHANAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI JENANG 06 MAJENANG

Hanung Bintang Pradana, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan intensitas penggunaan smartphone serta menganalisis dampaknya terhadap ketahanan belajar siswa kelas V SD Negeri Jenang 06 Majenang. Metode penelitian menggunakan mixed method atau campuran. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru kelas V dan orang tua siswa. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dalam bentuk tabel dan grafik. Data kualitatif dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) intensitas siswa dalam menggunakan smartphone di rumah tampak dari frekuensi dan lamanya siswa menggunakan smartphone. Frekuensi rata-rata penggunaan smartphone dalam satu minggu yaitu sebanyak 17 kali. Lama waktu siswa menggunakan smartphone dalam satu minggu yaitu paling singkat 7 jam dan paling lama 28 jam. Rata-rata siswa menggunakan smartphone dalam satu minggu yaitu selama 11,6 jam. (2) penggunaan smartphone terhadap ketahanan belajar berdampak positif dan negatif. Dampak positifnya, penggunaan smartphone menjadikan belajar lebih mudah dan menyenangkan sehingga durasi belajar menjadi lebih lama dan ketahanan belajar siswa tetap baik. Dampak negatifnya, ketahanan belajar siswa lemah ditandai dengan siswa kurang tekun, kurang ulet, dan kurang termotivasi untuk belajar.
Kata kunci: Smartphone, Dampak, Ketahanan Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter