PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA (KABIN) UNTUK SISWA KELAS IV SDN 1 TRIRENGGO BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah sistematis pengembangan dan mengetahui tingkat validitas dan kualitas dari multimedia Keragaman Budaya Indonesia. Penelitian dan pengembangan (research and development) ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan mengadopsi 9 langkah. Pengembangan ini menghasilkan multimedia interaktif Keragaman Budaya Indonesia dalam bentuk aplikasi. Instrument yang digunakan untuk memperoleh informasi dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Peniaian yang diperoleh ahli materi adalah 4,2 (Sangat Tinggi), penilaian ahli media mendapatkan skor 4,38 (Sangat Tinggi), uji coba awal 90% (Sangat Tinggi), uji coba lapangan mendapat skor 93% (Sangat Tinggi), uji pelaksanaan lapangan mendapat skor 96,6% (Sangat Tinggi). Berdasarkan pada hasil penilaian tersebut maka, maka multimedia pembelajaran interaktif keragaman budaya Indonesia dikatakan layak digunakan guna membantu kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: multimedia pembelajaran interaktif, keragaman budaya Indonesia
Kata kunci: multimedia pembelajaran interaktif, keragaman budaya Indonesia
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.