PENERPAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang (1) penerapan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Pertama Kota Yogyakarta; (2) mutu pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di tiga SMP Negeri Kota Yogyakarta yaitu (1) SMP N 1 Yogyakarta; (2) SMP N 5 Yogyakarta; (3) SMP N 9 Yogyakarta. Informan penelitian ini adalah 2 Kepala Sekolah, 4 Wakil Kepala Sekolah, 3 guru, dan 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data secara kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. (1) Penerapan PPDB dengan menggunakan sistem zonasi di Sekolah Menengah Pertama Yogyakarta sudah berjalan dengan baik, dilihat dari perencanaan dan pelaksanaannya. (2) Mutu pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Yogyakarta secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik dilihat dari (a) perencanaan; (b) pelaksanaan (c) penilaian. Tetapi, hasil belajar peserta didik mengalami penurunan.
Kata kunci: Sistem Zonasi, Mutu Pembelajaran
Abstract
The aim of this study was to determine and describe (1) implementation of the school zoning system on new student admission (PPDB) at Junior High School (SMP) in Yogyakarta; (2) the learning quality with the application of the school zoning system (PPDB). The design of this study was descriptive research with a qualitative approach. The study was conducted in three Junior High School at Yogyakarta (1) SMP N 1 Yogyakarta; (2) SMP N 5 Yogyakarta; (3) SMP N 9 Yogyakarta. The subjects of this study were the 2 Principals, 4 Vice Principals, 3 teachers, and 12 students. Data collection techniques using observation, interviews, and document studies. The data validity test uses triangulation and data collection techniques. Analysis of qualitative data on this study uses the Miles and Huberman model through three stages namely data reduction, data presentation, conclusion and data verification. The results of this study showed (1) The application of PPDB by using the school zoning system in Junior High Schools at Yogyakarta has run well, seen from the planning and implementation. (2) High Schools at Yogyakarta is included as a good category, seen from (a) learning planning;
(b) the implementation of learning; (c) learning assessment.. However, student learning outcomes have decreased.
Keywords: Zoning System, Learning Quality
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.