PEMANFAATAAN LINGKUNGAN BERBASIS ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS V DI SD 1 TRIRENGGO BANTUL

Nimas Anindita, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis lingkungan berbasis alam yang digunakan, mendeskripsikan langkah-langkah pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar, dan mengetahui hambatan dan solusi yang digunakan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan pedeketakan deskriptif kualitatif. Subjek 2 pendidik dan 8 peserta didik kelas VA, VB. Metode pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran pada tema 8 dan 9 pendidik menggunakan lingkungan berbasis alam yaitu lingkungan alam fisik atau abiotik saja yang terdiri atas; air, tanah, pasir, batu kerikil besar dan kecil. Langkah-langkah pemanfaatan lingkungan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian. Hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran yaitu peserta didik melakukan pengalamatan tidak sesuai dengan aturan yang sudah diberikan oleh pendidik. Solusi yang dilakukan oleh pendidik yaitu pendidik menegur dan menasehati peserta didik.
Kata Kunci: Pemanfaatan Lingkungan Berbasis Alam, Sumber Belajar

Abstract
This research aims to find out the type of natural-based environment used, describe the steps, find out the obstacle and solution used in this research. This research using qualitative descriptive. Subjects are educators and A, B fifth grade 8 students. Data collecting methods using interview, observation, and documentation. The result shows that in learning process, educators use a nature-based environment, which consists of water, soil, sand, and large and small gravel. Environment utilization steps are, planning, organizing, implementing, and assessing. Obstacles that occur in learning process students are not do the experiments based on the rules. The solution is advice to students.
Keywords: natural-based environment utilization, learning sources.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter