FUNGSI LABORATORIUM PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI PUSAT SUMBER BELAJAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi Laboratorium Program Studi Teknologi Pendidikan sebagai pusat sumber belajar dilihat dari program kegiatan, fasilitas penunjang dan proses pelayanannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) program kegiatan laboratorium program studi teknologi pendidikan sebagai pusat sumber belajar terdiri dari program bidang produksi dan bidang konsultasi masalah pembelajaran. Pelaksanaan program pada bidang produksi masih mengalami kendala diantaranya kurangnya alat dan bahan untuk produksi media serta kualitas SDM yang masih rendah. Sedangkan pada bidang konsultasi masalah pembelajaran sudah berjalan dengan baik. (2) laboratorium program studi teknologi pendidikan memiliki fasilitas penunjang diantaranya fasilitas ruangan, alat dan bahan ajar. Fasilitas yang tersedia masih belum memenuhi kebutuhan pengguna dari segi jumlah dan kapasitas ruangan. (3) layanan laboratorium terdiri dari layanan mahasiswa, layanan dosen dan layanan umum. layanan yang diberikan secara keseluruhan masih belum sepenuhnya bisa memenuhi kebutuhan pengguna hal tersebut dikarenakan kurangnya kelengkapan alat dan bahan sumber belajar sehingga proses layanan tidak berjalan, serta masih rendahnya kemampuan SDM dalam mengoptimalkan alat dan bahan sumber belajar yang tersedia.
Kata kunci: fungsi, laboratorium prodi TP, pusat sumber belajar
Abstract
This study aims to describe the functions of the Laboratory of Educational Technology Study Program as of learning resources center seen from the program activities, supporting facilities and service processes. This research is a type of descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques used in this study include observation, interviews, and documentation. Data analysis used is qualitative descriptive analysis. The results of the study show that: (1) the program of laboratory activities in educational technology study programs as a center for learning resources includes programs in the field of production and the field of consultation on learning problems. In the implementation of the program in the field of production there are still obstacles including the lack of tools and materials for media production and the low quality of human resources. Where as in the field of consultation learning problems have gone well. (2) laboratory support facilities for educational technology study programs as learning resource centers still do not meet the needs of users in terms of the number and capacity of the room. (3) the service process carried out by the educational technology study program laboratory as a learning resource center is still not fully able to meet the needs of users because of the lack of complete learning resources tools and materials so that the service process does not.
Keywords: function, educational technology study program laboratory, learning resource center
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.