PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK TANPA TEKS UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD N 1 TRAJI PARAKAN TEMANGGUNG

Muhamad Ismanto, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media komik tanpa teks untuk keterampilan berbicara siswa kelas V SD N 1 Traji Parakan Temanggung. Penelitian ini menggunakan model penelitian riset dan pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi uji coba awal, uji coba terbatas, penyempurnaan uji coba terbatas, uji coba pelaksanaan luas dan revisi produk, dan penyempurnaan produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif deskriptif. Hasil skor yang ditunjukan pada validasi ahli materi, validasi ahli media, hasil uji coba awal, dan hasil uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata yang termasuk dalam kategori layak. Berdasarkan hasil coba tersebut, media komik tanpa teks untuk keterampilan berbicara layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan Media, Keterampilan Berbicara, Kelas V SD

Abstract

This research is aimed at developing comic without text media for speaking skill of fifth grade students in SD N 1 Traji Parakan Temanggung. This research uses Research and Development (R & D) model according to Borg and Gall. Nine steps were information research and collecting, planning, developing the initial product format, initial trial, revision of the initial trial, limited trials, improving to limited trials, extensive trial implementating and product revisions, and final product improvings. Data collection instruments used are observation, questionnaire, and documentation. The data analysis technique used in this study is descriptive quantitative technique. The results were subject matter experts validation, media expert validation, initial trial, limited trial, and field trials which was included in the feasible category. Based on the results of these research, comic without text media for speaking skill is feasible to use in learning process.
Keywords: Media Development, Speaking Skill, Fifth Grade Elementary School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter