PENGGUNAAN ASYNCHRONOUS MOBILE GROUP DISCUSSION (AMGD) SEBAGAI STRATEGI PENYELESAIAN TUGAS KELOMPOK MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Risqi Nuruz Syifa, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan AMGD sebagai strategi penyelesaian tugas mata kuliah yang bersifat kelompok pada mahasiswa Teknologi Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif survei kualitatif menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik triangulasi. Keabsahan data diukur menggunakan teknik triangulasi, analisis kasus negatif, serta bahan referensi. Hasil menunjukkan penggunaan AMGD memiliki intensitas tinggi dengan frekuensi 30%-100% dari jumlah tugas kelompok dalam satu semeter yang dipertimbangkan berdasarkan kelebihan dan kekurangan AMGD, karakteristik mahasiswa, dan rancangan pembelajaran. Penggunaan melalui tahap orientasi, pembagian tugas, pengerjaan tugas, revisi, dan hasil akhir. Faktor pendukung intrinsik yaitu mahasiswa yang aktif berdiskusi, dan ekstrinsik yaitu: kompleksitas materi, dan peran dosen. Indikator penilaian tercantum dalam RPS. Faktor penghambat intrinsik yaitu mahasiswa yang pasif berdiskusi, dan entrinsik yaitu dosen tidak menyampaikan mekanisme tugas. Hal tersebut juga tidak tercantum dalam RPS. Mahasiswa berharap dosen memperbaiki rancangan pembelajaran dari segi kegiatan pembelajaran, dan teknik penilaian yang memperhatikan karakteristik mahasiswa.
Kata kunci: AMGD, Tugas Kelompok, Mahasiswa Teknologi Pendidikan.

Abstract
This research describes the use of AMGD as courses group assignment completion strategy in Educational Technologies’ students. This research is qualitative survey descriptive’s research by using questioner, interview, observation, and documentation. Data analyzed by triangulation technique. Data validity measured by triangulation technique, negative case analyze, and substance references. The result show the use of AMGD have high intensity with frequency of 31%-100% based on quantity of group assignment in one semester wich considered by the benefits and lacks of AMGD, student’s characteristic, and instructional plan. The use did the steps: orientation, task distribution, doing task, revision, and final result. The intrinsic success factor is active students, and the external are topics’s complexity, and lecturer roles. The indicators of assessment were expalined on RPS. The intrinsic’ obstacle is passive students, and the external lecturse’s role were didn’t explained the mechanism of assignment, and it wasn’t included on RPS too. Students hope lecturer improve the studying activities and evaluation techniques of instructional plan by consider the students’ characteristic.
Keywords: AMGD, Group Assignment, Educational Technologies’ Students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter