HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD Se- GUGUS II DEPOK SLEMAN

Saeful Iman, Teknologi Pendidikan UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap
sosial dengan prestasi belajar siswa kelas V SD se-gugus II Depok Sleman. Penelitian ini merupakan
penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas
V SD di Gugus II Depok Sleman sebanyak 101 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 siswa
diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket yang dinyatakan dalam bentuk Skala Likert dan studi dokumenter. Teknik analisis
yang digunakan adalah teknik korelasi Product Moment sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian
menunjukkan nilai R sebesar 0,324 dan p sebesar 0,013 (0,013<0,05) yang berarti terdapat hubungan
yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan sikap sosial dengan prestasi belajar siswa
kelas 5 SD se-gugus II Depok Sleman.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter