PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI TK AN NUR I KEMBANG, SLEMAN

Andhini Octa Listyaatmadja, Teknologi Pendidikan UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis multiple ntelligences di TK An Nur I Kembang, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi sumber. Dari hasil penelitian dilakukan dengan tahap pelaksanaan pembelajaran berbasis multiple intelligences, meliputi kegiatan apersepsi dan motivasi, kegiatan inti, kegiatan akhir. Kemudian kegiatan pembelajaran guru mengintegrasikan kedelapan kecerdasan tersebut ke dalam materi pembelajaran dan menggunakan metode pembelajaran untuk menerapkan macam profil kecerdasan. Metode pembelajaran yang digunakan antara lain metode praktek langsung, pemberian tugas, demonstrasi, berdiskusi, tanya jawab, eksperimen dan fieldstrip. Guru mengembangkan profil kecerdasan yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan mathematis, kecerdasan visual, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan naturalistik. Sistem evaluasinya dilakukan dengan tiga cara yaitu obsevasi, catatan anekdot, dan, portofolio. Hambatan yang dihadapi guru antara lain guru belum memahami multiple intelligences dengan benar dan kesulitan dalam mengembangkan kreativitas guru-guru. Kemudian faktor pendukung yang terdapat pada guru untuk pelaksanaan pembelajaran kerjasama yang baik antara guru, karyawan dan juga orang tua/wali.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter