PENGEMBANGAN MODUL “KEBERAGAMAN INDONESIA” UNTUK SISWA KELAS III SD AL-AMIN SINAR PUTIH BANTUL YOGYAKARTA

Bagus Tri Wibowo, Teknologi Pendidikan UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul yang dapat memudahkan siswa belajar dalam
pembelajaran PKn materi Keberagaman Indonesia untuk siswa kelas III SD Al Amin Sinar Putih, Bantul,
Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan mengadopsi dan memodifikasi
langkah pengembangan dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 2 validator ahli dan
50 siswa sebagai pengguna. Analisis data penelitian menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil
penilaian modul PKn Keberagaman Indonesia dari ahli materi mendapatkan rerata skor 4,17 (baik), ahli
media mendapatkan rerata skor 3,95 (baik), uji coba lapangan awal mendapatkan presentase 88,89%
(layak), uji coba lapangan mendapatkan presentase 97,23% (layak), uji pelaksanaan lapangan
mendapatkan presentase 95,58% (layak), dan uji hasil belajar pretest mendapatkan rerata nilai 40,20,
sedangkan hasil belajar postest menunjukkan rerata nilai 74,79, sehingga hasil belajar siswa mengalami
peningkatan rerata nilai sebesar 34,59. Jadi, secara keseluruhan hasil pengembangan modul PKn
Keberagaman Indonesia dikatakan layak sebagai media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa
belajar dalam pembelajaran PKn materi Keberagaman Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter