PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF “EDU-GAMES BOBBY BOLA” TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF (PENGENALAN ANGKA, HURUF DAN BENTUK) ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif “Edu-Games Bobby
Bola” terhadap kemampuan kognitif (pengenalan angka, huruf dan bentuk) anak usia 4-5 tahun.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment.Dengan subjek penelitian siswa umur 4-5 tahun
berjumlah 50 anak dari 5 TK yaitu TK Sari Asih 3, TK Santo Yusup, TK ABA Kadisoka, kemudian di
TK Aisyiyah Bustanul Athfal Krajan, Teknik analisisdata dalam penelitian ini berupa kuantitatif, Desain
yang digunakan adalah one group pretest posttest.Metode pengumpulan data menggunakan tes dan
dokumentasi.Analisis data menggunakan Analisis statistik nonparametrik yaitu uji Tes Tanda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positifpermainan edukatif“Edu-Games
Bobby Bola”terhadapkemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun.Hal ini ditunjukkan dengan perbandingan
peningkatan hasil prettest dan posttest, diketahui bahwa dalam tahapan awal sebelum diberi perlakuan
(treatment) hasil dari posttest lebih tinggi dari hasil prettest. Hasil tersebut terlihat adanya perubahan
persentasedengan nilaipretest 66,84%, nilai posttest 86,78% dan perhitungan menggunakan uji T, dengan
α = 0,05 diperoleh bahwa T hitung lebih besar dari T tabel yaitu (14,00> 2,001).Kesimpulan penelitian
bahwa adanya pengaruh permainan edukatiff “Edu-games Bobby Bola terhadap kemampuan kognitif
(pengenalan angka, huruf dan bentuk) anak usia 4-5 tahun.
Kata kunci:Permainan edukatif, Kognitif, Kemampuan Kognitif, Anak usia 4-5 tahun
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.