PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF “SQUARE STEPS ENGLISH” UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR

Ditya Jati Wicaksono,

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan alat permainan edukatif “Square Steps English” yang layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran bahasa Inggris kelas 1 SD N Caturtunggal III. Desain penelitian ini menggunakan model Research and Development menurut Borg and Gall dan langkah yang digunakan berjumlah sembilan. Prosedur penelitian meliputi penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan produk, pengembangan produk awal, ujicoba awal, revisi produk, ujicoba lapangan utama, revisi produk, uji lapangan operasional dan penyempurnaan produk sebagai hasil final. Sebelum melakukan ujicoba, produk awal dinilai dan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi baru kemudian diujicobakan. Subjek dari penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas 1 SD N Caturtunggal III. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain adalah observasi, wawancara, lembar penilaian, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data observasi dan wawancara adalah dengan cara mendeskripsikan dalam kalimat, kemudian angket dan penilaian ahli dengan rumus persentase dan tes dengan menggunakan rumus rerata. Penelitian pengembangan ini menghasilkan Alat Permainan Edukatif “Square Steps English” dengan menggunakan tahapan penelitian R&D menurut Borg and Gall. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa APE “Square Steps English” untuk pembelajaran bahasa Inggris kelas 1 SD sudah layak dan efektif untuk digunakan. Kelayakan dari APE ini ditunjukkan dari hasil akhir validasi media yang termasuk dalam kategori layak dengan persentase sebesar 100%, hasil akhir dari validasi materi yang termasuk dalam kategori layak dengan persentase sebesar 94,87%, hasil dari angket ujicoba lapangan awal yang termasuk dalam kategori layak dengan persentase sebesar 98,14%, hasil dari angket ujicoba lapangan utama termasuk dalam kategori layak dengan persentase sebesar 99,38%, dan hasil dari angket ujicoba lapangan operasional yang termasuk dalam kategori layak dengan persentase sebesar 99,25%. Dari penggunaan APE “Square Steps English” ini terdapat peningkatan sebesar 15,92, data tersebut didapatkan dari hasil pretest dan posttest.

Kata Kunci: Alat permainan edukatif, Square Steps English, Sekolah Dasar, Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter