EVALUASI MODUL MICROSOFT EXCEL 2007 SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI BAGI SISWA DI SMA NEGERI 11 PANDEGLANG BANTEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk kualitas atau kelayakan dari Modul Microsoft
Excel 2007 sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa. Penelitian ini dilakukan
berdasarkan fakta dasar dilapangan, diketahui bahwa penelitian terhadap sumber
belajar mandiri khususnya modul masih kurang.
Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 11 dan mahasiswa
Teknologi Pendidikan. Objek penelitian ini berupa Modul Microsoft Excel 2007.
Setting penelitian mengambil tempat di Fakultas Ilmu Pendidikan dan SMA
Negeri 11 Pandeglang Banten. Metode yang digunakan dalam pengambilan data
dengan angket/kuesioner dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian terhadap evaluasi Modul
Microsoft Excel 2007 sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa menunjukan
hasil yang “Baik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari hasil angket yang
diberikan siswa maka 1% - 72%. Perolehan sebesar 1% untuk penilaian kurang
baik, dan 10% untuk penilaian cukup baik dan 17%. Sedangkan Berdasarkan hasil
uji evaluasi modul microsoft excel 2007 terhadap 10 responden mahasiswa TP
maka diperoleh hasil yang berlandaskan lima aspek kriteria modul kemudian
diperoleh jumlah persentase rata-rata keseluruhan yaitu sebesar 60% mahasiswa
memberikan penilaian “sangat baik” terhadap evaluasi Modul Microsoft Excel
2007, 37% mahasiswa memberikan penilaian “baik” dan sisanya 3% mahasiswa
TP memberikan penilaian “cukup baik”.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.