PELAKSANAAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) PADA KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR BAKULAN BANTUL

Alan Tri Anafi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) persiapan pelaksanaan pendekatan belajar tuntas, (2)
pelaksanaan pendekatan belajar tuntas, (3) faktor penghambat dan faktor pendukung dari pelaksanaan
pendekatan belajar tuntas, (4) evaluasi yang dilakukan melalui pendekatan belajar tuntas. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah empat guru. Metode pengumpulan data
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri dengan
menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persiapan pelaksanaan pendekatan belajar
tuntas adalah merancang rangkaian kegiatan belajar berupa RPP dan silabus yang mengacu pada
kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). 2) Pelaksanaan pendekatan belajar tuntas
(mastery learning) pada kelas 3 di SD Bakulan Bantul antara lain : a) pengenalan karakter para siswa
yang dilakukan oleh guru, pengkondisian kelas, dan penyesuaian penjelasan materi, b) Metode yang
dilakukan bervariasi untuk mencapai target belajar tuntas yang ditentukan. 3) Faktor penghambat yaitu: a)
kegaduhan yang dibuat oleh para siswa selama penjelasan materi, b) tingkat fokus siswa yang tidak bisa
tenang untuk waktu yang lama. Faktor pendukung yaitu: a) media yang sudah tercukupi khususnya buku
pegangan yang sudah dimiliki oleh seluruh siswa, b) cara guru dalam menyampaikan materi yang tidak
monoton, c) materi yang disampaikan oleh guru dilakukan dengan penyesuaian kemampuan siswa yang
berbeda-beda. 4) Evaluasi yang dilakukan melalui belajar tuntas yaitu: a) tes tertulis sebagian besar
dilakukan dalam setiap kegiatan pembelajaran dan pelaksanaannya saat penjelasan materi berakhir, b) tes
lisan terkadang dilakukan pada mata pelajaran tertentu untuk mengasah kemampuan verbal siswa dan
melatih keberanian siswa berbicara di depan kelas.

Kata kunci: pendekatan belajar tuntas, belajar tuntas, sekolah dasar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter