PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING DI PENDIDIKAN DASAR SEKOLAH ALAM ANAK PRIMA YOGYAKARTA

Zikrina Istighfaroh,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran
Experiental Learning di Pendidikan Dasar Sekolah Alam (PDSA) Anak Prima Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu pendidik,
peserta didik dan kepala sekolah PDSA Anak Prima. Metode pengumpulan data dengan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman
observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis
data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pelaksanaan Experiental Learning relevan dengan teori David Kolb. PDSA menerapkan
keempat tahapan Experiental Learning, yaitu pengalaman konkret, observasi, konseptualisasi
dan penerapan. Hanya pada proses persiapan pembelajaran belum semua pendidik melakukan
persiapan dengan baik. Proses evaluasi Experiental Learning meliputi student advisor atau uji
diagnostik dan uji kemampuan peserta didik.

Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Model Experiental Learning, Pendidikan
Sekolah Alam


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter