PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF “ENERGI DAN PERUBAHANNYA” TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 03 PAGI CIRACAS JAKARTA TIMUR

Anggit Al-furqon,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV-B mata pelajaran IPA dengan materi Energi dan Perubahannya SD Negeri 03 Pagi Ciracas Jakarta timur tahun ajaran 2013/2014.
Subjek dalam penelitian ini adalah multimedia pembelajaran IPA sub-konsep energi dan perubahannya untuk kelas IV sekolah dasar. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa/i kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri 03 Pagi Ciracas Jakarta Timur, yang beralamatkan di Jalan Raya Centex RT 003 RW 03 Ciracas, Telp. (021) 8718745 Jakarta Timur. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 31 maret sampai 11 April 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Ex-perimental Design (non-design) dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar pengamatan observasi dan instrumen tes. Instrumen tes divalidasi di Sekolah Dasar Negeri 2 Glagah Ombo, Tempel, Sleman berdasarkan pada tingkatan kelas yang sama dan kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan. Prosedur pelaksanaan eksperimen yakni tahap pra eksperimen, tahap eksperimen dan tahap pasca eksperimen. Analisis data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik deskriptif berbantuan SPSS for Windows Ver. 16.0.0.
Hasil penelitian menunjukkan nilai skor kemampuan mengajar yang didapat guru sebesar 3,2 dan termasuk kedalam kategori baik. Nilai rata-rata pre-test siswa sebelum diberi treatment sebesar (19,34). Setelah diberikan treatment, hasil belajar yang didapat sebesar (23,31). Terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar (3,97). Sedangkan untuk persentase ketuntasan hasil belajar sebelum diberi treatment sebesar 11,42%, menjadi 82,85% sebagai hasil belajar setelah diberikan treatment. Maka, dapat disimpulkan penggunaan multimedia memberikan pengaruh terhadap ketuntasan klasikal, hal tersebut terlihat dari meningkatnya presentase ketuntasan siswa sebesar 71,43%. Maka dapat dikatakan bahwa multimedia memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar negeri 03 pagi Ciracas Jakarta Timur.

Kata kunci: Multimedia, pembelajaran, hasil belajar, IPA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter