PROSES PEMBELAJARAN PADA PELATIHAN TEKNIK SURVIVAL DASAR DI SAR DARAT GUNUNGKIDUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pada pelatihan teknik survival dasar
di SAR Darat Gunungkidul. Peneliti menggunakan metode penelitian jenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan
penelitian studi kasus.melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran
pada pelatihan teknik survival dasar menggunakan metode simulasi sebagai metode paling utama yang
dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanan, persiapan, pelaksanaan dan tahap evaluasi. Metode simulasi
telah membentuk sikap tanggungjawab, kerjasama, cekatan, ketelitian, kepedulian, keberanian dan sikap saling
berbagi pada peserta pelatihan melalui kegiatan membuat bivak, mencari bahan makanan, membuat api, mencari air
dan membuat jerat. Media yang digunakan yaitu papan tulis, LCD, labtop, powerpoint, foto, gambar, video, koran,
buku materi, ensiklopedi dan instruktur berperan penting dalam proses pembelajaran sebagai alat untuk
memperjelas materi, mengatasi keterbatasan ruang dan waktu serta sebagai alat membangkitkan keinginan peserta
untuk belajar dengan baik. Evaluasi pada pelatihan teknik survival dasar mencakup aspek pengetahuan,
kemampuan dan sikap para peserta pelatihan yang dilaksanakan pada sesi materi lapangan dengan menggunakan
teknik observasi dan wawancara
di SAR Darat Gunungkidul. Peneliti menggunakan metode penelitian jenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan
penelitian studi kasus.melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran
pada pelatihan teknik survival dasar menggunakan metode simulasi sebagai metode paling utama yang
dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanan, persiapan, pelaksanaan dan tahap evaluasi. Metode simulasi
telah membentuk sikap tanggungjawab, kerjasama, cekatan, ketelitian, kepedulian, keberanian dan sikap saling
berbagi pada peserta pelatihan melalui kegiatan membuat bivak, mencari bahan makanan, membuat api, mencari air
dan membuat jerat. Media yang digunakan yaitu papan tulis, LCD, labtop, powerpoint, foto, gambar, video, koran,
buku materi, ensiklopedi dan instruktur berperan penting dalam proses pembelajaran sebagai alat untuk
memperjelas materi, mengatasi keterbatasan ruang dan waktu serta sebagai alat membangkitkan keinginan peserta
untuk belajar dengan baik. Evaluasi pada pelatihan teknik survival dasar mencakup aspek pengetahuan,
kemampuan dan sikap para peserta pelatihan yang dilaksanakan pada sesi materi lapangan dengan menggunakan
teknik observasi dan wawancara
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.