PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS V DI SD NEGERI SLEMAN 1

Deni Saryanto, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia yang layak dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi keragaman suku bangsa dan budaya di indonesia bagi siswa kelas V Sekolah Dasar.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sleman 1 yang terdiri dari 32 siswa. Objek penelitian ini adalah multimedia berbasis adobe flash dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan panduan wawancara dan angket kelayakan multimedia. Data hasil dari penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dari uji coba lapangan dinyatakan layak. Validasi ahli media dilakukan sebanyak 3 tahap. Aspek yang dinilai adalah tampilan, pemrograman, dan pembelajaran. validasi ahli media tahap 1 memperoleh nilai 3,17 (cukup). Ahli media tahap 2 memperoleh nilai 3,45 (baik). Ahli media tahap 3 memperoleh nilai 4,20 (sangat baik). Sementara pada tahap ahli materi terdapat 3 aspek penilaian yaitu materi, kesesuaian konsep, dan pembelajaran. Validasi ahli materi dilakukan 2 tahap. Validasi tahap 1 memperoleh nilai 3,72 (baik). Validasi tahap 2 memperoleh nilai 3,99 (baik). Uji coba lapangan dilakukan tiga kali. Uji coba lapangan awal melibatkan 8 siswa memperoleh nilai 4,28 (sangat baik). Uji coba lapangan melibatkan 16 siswa memperoleh skor 4.38 (sangat baik). Uji pelaksanaan lapangan melibatkan seluruh siswa kelas V berjumlah 32 siswa memperoleh nilai 4.72 (sangat baik).
Kata kunci: Pengembangan, Multimedia pembelajaran, Kelas V

Abstract
The development of the research aims to produce a decent multimedia in learning Social Sciences material of ethnic and cultural diversity in Indonesia of the fifth graders of Elementary School.This research is a development study adapted from Borg and Gall. The subject of this research is the fifth graders of SD Negeri Sleman 1 which consists of 32 students. The object of this research is multimedia based Adobe Flash in learning of Social Science in materials ethnic and cultural diversity in Indonesia. He instruments used in this research are interview and questionnaire. The result of the data from this research used to analyzed descriptive quantitative.The result of this research indicate that Social Science learning multimedia that has been validated by material expert and media expert as well as field trials evident feasible. Validation of media expert is done in 3 stages. Aspects assessed are display, programming, and learning. Validations of media expert in stage 1 reach 3.17 (fair). The media expert in stages 2 reaches 3.45 (good). The media expert in stages 3 reaches 4.20 (very good). While at the material expert was divided into 3 aspect of the assessment, via material, concept, and learning. Validation of material expert is done in 2 stages. Validations in stage 1 gets score 3.72 (good). Validations in stages 2 get score 3.99 (good). Field trial was done in 3 times. Field trial involved 8 students get score 4.28 (very good). Field trial involved 16 students get score 4.38 (very good). The field implementation test involves in all students of fifth graders it consist of 32 students get score 4.72 (very good).
Keyword: Development, learning Multimedia, Class V


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter