PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK SEKOLAH DASAR

Filla Dlia’a Umaroh, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif subtema Komponen Ekosistem untuk siswa kelas V SD Negeri Percobaan 2 Sleman. Penelitian ini didasarkan pada pengembangan R & D dari Thiagarajan, Semmel & Semmel model Four-D. Desain pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini hanya meliputi tiga langkah yang terdiri dari define, design, dan develop. Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil validasi ahli materi termasuk kategori sangat baik (3,85). Hasil validasi ahli media termasuk kategori sangat baik (3,63). Hasil uji coba perorangan termasuk kategori layak (0,80). Hasil uji coba kelompok kecil termasuk kategori layak (0,87). Hasil uji coba lapangan termasuk kategori layak (0,90). (2) Hasil belajar pretest mendapat rata-rata 74, sedangkan hasil belajar postest menunjukan nilai rata-rata 91, sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan nilai sebesar 17. Jadi, secara keseluruhan hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Subtema Komponen Ekosistem dikatakan layak sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Multimedia pembelajaran interaktif, Komponen ekosistem, Siswa sekolah dasar

Abstract
The purpose of this research is creating a product called interactive multimedia learning Ecosystem Components sub-themed for 5th grade students of SD Negeri Percobaan 2 Sleman. This research is a research and development based on R&D from Thiagarajan, Semmel & Semmel called Four-D model. The results of this research are: (1) The result of validation of the material experts is very good category (3.85) The validation result of the media expert is very good category (3.63) The results of the individual testing include the proper category (0.80) .The result of small group testing include the category feasible (0.87) .The results of field trials include the feasible category (0.90). (2) Pre-test learning result in 74 on average whereas post-test learning result in 91 on average, thus students learning result increased by 17. Overall,development of interactive multimedia learning Ecosystem Component sub-themed could be called feasible as learning media.
Keywords : Interactive multimedia learning, Ecosystem components, Elementary school students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter