PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN

Diany Roesma Pertiwi, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi yang layak untuk kemampuan mengenal lambang bilangan bagi siswa tunagrahita ringan kelas 1 di SLB PGRI Minggir Sleman. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Borg & Gall, yang dikolaborasikan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan model pengembangan Alessi & Trollip. Langkah-langkah penelitian pengembangan yang ditempuh meliputi (a) penelitian dan pengumpulan informasi, (b) perencanaan, (c) pengembangan produk awal yang dikolaborasikan dengan tahap pengembangan materi dari ADDIE dan tahap pengembangan media dari Alessi & Trollip, (d) uji coba lapangan awal, (e) revisi produk utama, (f) uji coba lapangan utama, (g) revisi produk operasional, (h) uji coba lapangan operasional, (i) revisi produk akhir. Uji coba produk pada siswa melalui 3 tahap, yaitu uji coba lapangan awal kepada 2 siswa, uji coba lapangan utama kepada 3 siswa, dan uji coba lapangan operasional kepada 5 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi untuk kemampuan mengenal lambang bilangan dinyatakan layak. Hasil oleh penilaian ahli materi yang memperoleh persentase nilai sebesar 87,5% yang termasuk dalam kategori layak. Hasil penilaian oleh ahli media menunjukkan persentase nilai sebesar 80% yang termasuk dalam kategori layak. Selanjutnya pada uji coba lapangan awal diperoleh persentase nilai 80%, kategori layak. Pada uji coba lapangan utama diperoleh persentase 86% kategori layak, dan pada uji coba lapangan operasional diperoleh persentase 92% dalam kategori layak.
Kata kunci: video animasi, lambang bilangan, tunagrahita ringan

Abstract
The research aims to develop animation video which is feasible to recognize the symbol of numbers for mild mental retardation students in grade I SLB PGRI Minggir Sleman. The research adopted Borg & Gall development model, which was collaborated with ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) development model and Alessi & trollip development model. This research is done by steps (a) research and information collecting, (b) planning, (c) initial product development collaborated with the material development of ADDIE and the media development from Alessi & Trollip, (d) preliminary field test, (e) main product revision, (f) main field tests, (g) operasional product revision, (h) operational field test, (i) final product revision. Product test by student is done with 3 steps, there are preliminary field test to 2 students, main field tests to 3 students, and operational field tests to 5 students. The result showed that the assesment of a series of test and validation experts declared eligible. Validation by material experts obtained the percentage 87,5% (feasible category) and by media expert showed the percentage 80% (feasible category). Based an preliminary field test obtained percentage 80% (feasible category), main field test gained a percentage 86% (feasible category), and operational field tests gained a percentage 92% (feasible category).
Keywords: animation video, symbol of numbers, mild mental retardation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter