PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PROTISTA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif Protista yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Protista menggunakan model pengembangan Sugiyono. Kelayakan produk diperoleh melalui validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilaksanakan sebanyak dua kali, dengan melibatkan 10 Siswa pada uji coba produk dan 24 Siswa pada uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil akhir validasi oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata 3.8 (layak), sedangkan hasil akhir validasi oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 3.65 (layak). Selanjutnya, pada uji coba produk memperoleh skor rata-rata 3.40 (layak), dan uji coba pemakaian memperoleh skor rata-rata 3.46 (layak). Hasil akhir penilaian terhadap multimedia pembelajaran interaktif Protista adalah layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Protista.
Kata kunci: multimedia pembelajaran interaktif, Protista.
Abstract
This research aims to produce an interactive multimedia learning products Protista worthy of use as a medium of learning. Development of interactive multimedia learning Protista using Sugiyono development model. The feasibility of the product is obtained through validation by material experts and media experts. The trial was conducted twice, involving 10 Students on product trial and 24 Students on trial usage. Data collection techniques using questionnaires. Data analysis technique used is descriptive quantitative analysis. The results of validation by the material expert get an average score of 3.8 (worthy), while the validation results by the media expert get an average score of 3.65 (worthy). Furthermore, in the trial of product obtained an average score of 3.40 (worthy), and the trial usage obtained an average score of 3.46 (worthy). The final result of the assessment of Protista interactive learning media is worthy to be used as a learning medium on Protista material.
Keyword: interactive multimedia learning, Protist
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.