PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN MARI MENGENAL HEWAN DI PAUD AL-BARAAKAH

Ramadhani Cahya Gunadi Putra, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media audio pembelajaran Mari Mengenal Hewan yang layak untuk digunakan sebagai alat bantu pembelajaran untuk siswa rentang usia 5-6 tahun PAUD Al-Baraakah. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini meliputi: 1) identifikasi potensi dan masalah, 2) pengumpulan bahan dan informasi, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, 7) perbaikan produk, 8) uji coba pemakaian, 9) perbaikan produk, dan 10) produk akhir. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk media audio pembelajaran Mari Mengenal Hewan yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan layak digunakan untuk siswa rentang usia 5-6 tahun. Kelayakan produk media audio pembelajaran Mari Mengenal Hewan ini didasarkan pada hasil validasi materi yang memperoleh rata-rata skor 4,59 dengan kategori sangat baik dan hasil validasi media yang memperoleh ratarata skor 4,13 dengan kategori sangat baik serta hasil penilaian guru pada uji coba pemakaian yang memperoleh rerata skor 4,52 dan hasil pengamatan terhadap siswa pada uji coba pemakaian yang memperoleh rerata skor 3,9 dengan kategori layak.
Kata Kunci: Media Audio, siswa PAUD

Abstract
This study aims to produce an audio learning media of Mari Mengenal Hewan are proper to be used as a learning tool for students 5-6 years of age PAUD Al-Baraakah. This research type is Research and Development research using research and development procedure according to Sugiyono. The steps used in this study include: 1) identification of potentials and problems, 2) material and information collection, 3) product design, 4) product validation, 5) design improvements, 6) product trials, 7) product improvements, 8) trial usage, 9) product improvement, and 10) final product. Technique of data analysis research using is quantitative descriptive. The feasibility of Mari Mengenal Hewan audio learning media product is based on the validation of the material obtained an average score of 4.59 with very feasible category and media validation results that received average score of 4.13 with very feasible category. Also the results of the teacher's assessment on the trial usage that obtained the average score of 4,52 and the observation of the students on the trial usage that obtained a mean score of 3,9 with a feasible category.
Keywords: Audio Media, PAUD


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter