EVALUASI PELATIHAN ENGLISH FOR THE OFFICE IV DI BALAI LATIHAN KERJA DAN PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Aji Widiatmojo, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pelatihan English for The Office IV di BLKPP DIY dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah pelatihan English for The Office IV sudah layak dilaksanakan dari aspek konteks, masukan, proses, dan hasil. Hanya ada beberapa hal yang kurang dari aspek masukan, yaitu perlu adanya penambahan atau regenerasi instruktur yang berkompeten, perluasan kelas agar lebih nyaman, serta peninjauan ulang kegunaan alat peraga atau miniatur sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Evaluasi Pelatihan, Model CIPP, Pelatihan Bahasa Inggris

Abstract
This study aimed to determine the English for The Office training IV in BLKPP DIY by using CIPP Evaluation model. This research use qualitative approach. Data collecting technique is done by observation, interview, and documentation. Data analysis used include data reduction, data presentation, and conclusing. Result from this study are English for the Office training IV is feasible to be implemented from aspects of context, input, process, and product. There are only a few things that are less than the input aspect, that is need for the addition or regeneration of competent instructors, the expansion of the class to be more pleasureable, and recheck of the useability of props or miniature as media of learning.
Keywords: Training Evaluation, Learning Resources, English


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter