PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) “MAZE OF BUSY CITY” TERHADAP PEMAHAMAN ANAK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) yang berbentuk Maze of Busy City terhadap pemahaman anak pada tema pekerjaan di kelompok A TK ABA II Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian true eksperimental design dengan pendekatan pre-test dan post-test control group yang melibatkan subjek penelitian anak kelompok A di TK ABA II, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul pada semester 2 (genap) tahun pelajaran 2016 / 2017 sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa pre-eksperimen test, post-eksperimen test dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemanfaatan APE Maze of Busy City. Pengaruh pemanfaatan telihat dari peningkatkan nilai rata-rata pemahaman anak yang memanfaatkan maze sebesar 83 dan yang memanfaatkan media gambar sebesar 75. Selain itu perbedaan pengaruh pemanfaatan juga ditunjukkan dari hasil uji independent sample t-test (uji-t) sebelum adanya perlakuan diperoleh probabilitas 0,793 selanjutnya setelah diberikan perlakuan dengan Maze of Busy City diperoleh probabilitas sebesar 0,040 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemanfaatan APE berbentuk Maze of Busy City terhadap pemahaman anak kelompok A TK ABA II Wonosari.
Kata Kunci : pemahaman anak, pemanfaatan APE Maze of Busy City
Abstract
This research aims to know the impacts of educational game tools (Alat Permainan Edukatif, APE) “Maze of Busy City” utilization on understandings aspect of children group A TK ABA II Wonosari, Gunungkidul on work theme. This research is considered a true experimental design research which the subjects are children in group A which consist of 20 children of TK ABA II Wonosari, Gunungkidul in second semester of academic year 2016-2017. The data was collected using test and observation techniques, while the instrument used in this research were pre-experimental test, post-experimental test and observation paper. The result of the research shows that there’s a difference impacts between APE Maze of Busy City and pictures utilization. It can be seen through the increasing mean value of children cognitive who utilizing maze were 83 and pictures were 75. Besides, the difference impact of APE utilization can be seen through the result of t-test. The probability before getting treatment was 0.793, while after getting treatment using Maze Busy City turned to be 0.040. It means there’s a significant difference of APE Maze of Busy City utilization on understandings aspect of children in group A TK ABA II Wonosari.
Key Word : understandings aspect, Maze of Busy City (APE) utilization
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) yang berbentuk Maze of Busy City terhadap pemahaman anak pada tema pekerjaan di kelompok A TK ABA II Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian true eksperimental design dengan pendekatan pre-test dan post-test control group yang melibatkan subjek penelitian anak kelompok A di TK ABA II, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul pada semester 2 (genap) tahun pelajaran 2016 / 2017 sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa pre-eksperimen test, post-eksperimen test dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemanfaatan APE Maze of Busy City. Pengaruh pemanfaatan telihat dari peningkatkan nilai rata-rata pemahaman anak yang memanfaatkan maze sebesar 83 dan yang memanfaatkan media gambar sebesar 75. Selain itu perbedaan pengaruh pemanfaatan juga ditunjukkan dari hasil uji independent sample t-test (uji-t) sebelum adanya perlakuan diperoleh probabilitas 0,793 selanjutnya setelah diberikan perlakuan dengan Maze of Busy City diperoleh probabilitas sebesar 0,040 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemanfaatan APE berbentuk Maze of Busy City terhadap pemahaman anak kelompok A TK ABA II Wonosari.
Kata Kunci : pemahaman anak, pemanfaatan APE Maze of Busy City
Abstract
This research aims to know the impacts of educational game tools (Alat Permainan Edukatif, APE) “Maze of Busy City” utilization on understandings aspect of children group A TK ABA II Wonosari, Gunungkidul on work theme. This research is considered a true experimental design research which the subjects are children in group A which consist of 20 children of TK ABA II Wonosari, Gunungkidul in second semester of academic year 2016-2017. The data was collected using test and observation techniques, while the instrument used in this research were pre-experimental test, post-experimental test and observation paper. The result of the research shows that there’s a difference impacts between APE Maze of Busy City and pictures utilization. It can be seen through the increasing mean value of children cognitive who utilizing maze were 83 and pictures were 75. Besides, the difference impact of APE utilization can be seen through the result of t-test. The probability before getting treatment was 0.793, while after getting treatment using Maze Busy City turned to be 0.040. It means there’s a significant difference of APE Maze of Busy City utilization on understandings aspect of children in group A TK ABA II Wonosari.
Key Word : understandings aspect, Maze of Busy City (APE) utilization
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.