PENGARUH PEMANFAATAN METODE DEMONSTRASI JUMPUTAN DAN METODE DEMONSTRASI MEMBATIK TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan pengaruh pemanfaatan metode demonstrasi
jumputan dan metode demonstrasi membatik terhadap kreativitas anak usia dini di TK Kelompok B
Dharma Bakti I Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah replication design (pola replikasi) untuk menilai perbedaan tingkat kreativitas
anak usia dini di TK Kelompok B Dharma Bakti I Yogyakarta dengan menggunakan metode demonstrasi
jumputan dan metode demonstrasi membatik terhadap kreativitas. Subyek penelitiana ini adalah anak
usia dini di TK Kelompok B Dharma Bakti I Yogyakarta yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data yang di peroleh dianalisis dengan
menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan mean nilai kreativitas
posttest pada kelompok metode demontrasi jumputan dengan kelompok metode demonstrasi membatik,
dan (2) Terdapat perbedaan pengaruh pemanfaatan metode demonstrasi membatik dibandingan dengan
metode demonstrasi jumputan hal ini terbukti pada tingkat perbedaan mean nilai gain tingkat kreativitas
antara metode demontrasi jumputan dan metode demontrasi membatik. Metode demonstrasi membatik
(Mean = 6,60) lebih efektif dibandingkan metode demontrasi jumputan (Mean = 3,35) untuk
meningkatkan kreativitas anak usia dini di TK Kelompok B Dharma Bakti I Yogyakarta
jumputan dan metode demonstrasi membatik terhadap kreativitas anak usia dini di TK Kelompok B
Dharma Bakti I Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah replication design (pola replikasi) untuk menilai perbedaan tingkat kreativitas
anak usia dini di TK Kelompok B Dharma Bakti I Yogyakarta dengan menggunakan metode demonstrasi
jumputan dan metode demonstrasi membatik terhadap kreativitas. Subyek penelitiana ini adalah anak
usia dini di TK Kelompok B Dharma Bakti I Yogyakarta yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data yang di peroleh dianalisis dengan
menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan mean nilai kreativitas
posttest pada kelompok metode demontrasi jumputan dengan kelompok metode demonstrasi membatik,
dan (2) Terdapat perbedaan pengaruh pemanfaatan metode demonstrasi membatik dibandingan dengan
metode demonstrasi jumputan hal ini terbukti pada tingkat perbedaan mean nilai gain tingkat kreativitas
antara metode demontrasi jumputan dan metode demontrasi membatik. Metode demonstrasi membatik
(Mean = 6,60) lebih efektif dibandingkan metode demontrasi jumputan (Mean = 3,35) untuk
meningkatkan kreativitas anak usia dini di TK Kelompok B Dharma Bakti I Yogyakarta
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.