KECUKUPAN FASILITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) NEGERI TEMANGGUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kecukupan jenis fasilitas pembelajaran, kecukupan jumlah fasilitas pembelajaran dan kondisi kelayakan fasilitas pembelajaran di SDLB Negeri Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penyajian data secara deskriptif. Sumber data penelitian yaitu kepala sekolah dan dua guru kelas. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) Jenis fasilitas pembelajaran di SDLB Negeri Temanggung terdiri dari sumber belajar, alat belajar dan pendukung pembelajaran. Beberapa fasilitas y ang ada tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing ketuaan siswa. (2) Jumlah fasilitas pembelajaran untuk siswa di SDLB Negeri Temanggung secara keseluruhan mencukupi, tetapi ruang kelas yang masih kurang karena dalam masa pembangunan. (3) Kondisi fasilitas pembelajaran di SDLB Negeri Temanggung sudah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.