MANAJEMEN PEMBINAAN PESERTA DIDIK PADA PROGRAM BOARDING SCHOOL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Lathifah Amin,

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembinaan peserta didik, (2) pelaksanaan pembinaan peserta didik, (3) evaluasi pembinaan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembinaan peserta didik dilakukan dengan menyusun program yang didasarkan pada visi dan misi sekolah, minat dan bakat, sarana prasarana, tenaga, biaya, dan waktu. Langkah-langkah penyusunan program adalah: memetakan hasil evaluasi sekolah, merumuskan standar capaian, menyusun program kerja, memetakan anggaran, mensinkronisasi perencanaan program dengan penanggungjawab kegiatan, dan mempresentasikan program di yayasan. (2) Program pembinaan peserta didik yang dilaksanakan meliputi: program pembiasaan, pembinaan OSIS, program pengalaman lapangan, pengembangan diri, dan program pemantauan kedisiplinan. Strategi pelaksanaan dilakukan melalui workshop, studi banding, dan perlombaan. (3) Evaluasi konten menggunakan instrumen berupa buku muttabaah, raport karakter, angket dan wawancara. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan melakukan observasi, rapat, dan membuat laporan kegiatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.