PERAN PENILIK DALAM PEMBINAAN KELOMPOK BERMAIN DI KELURAHAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran penilik dalam pembinaan kelompok bermain di Kelurahan Banguntapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 responden dari sembilan kelompok bermain di Kelurahan Banguntapan. Pengumpulan data menggunakan angket terbuka dengan jawaban berupa frekuensi pelaksanaan dalam satu semester. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran penilik sebagai pembimbing dan evaluator rata-rata dilakukan satu kali dalam satu semester. (1) Pembimbingan yang paling sedikit dilakukan pada penyusunan rencana pembelajaran, penataan lingkungan bermain dan belajar serta pengelolaan peserta didik. Frekuensi pembimbingan terbanyak pada aspek pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan pembiayaan pendidikan, sarana dan prasarana serta kurikulum. (2) Penilaian paling banyak dilakukan pada aspek pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan sekolah, pengelolaan peserta didik, pengelolaan sarana dan prasarana serta kurikulum. Frekuensi penilaian paling sedikit dilakukan pada aspek proses pembelajaran, evaluasi kegiatan pembinaan potensi peserta didik dan pelaksanaan pengelolaan pembiayaan pendidikan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.