EVALUASI KETERCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL SARANA PRASARANA DI SMK NEGERI 1 DAN SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan yang ada di SMKN 1 dan SMKN 7 Yogyakarta pada SPM Sarana Prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian model evaluasi menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini SMKN 1 dan SMKN 7 Yogyakarta sebagai unit analisis. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketercapaian SMKN 1 Yogyakarta dalam memenuhi SPM Sarana Prasarana sebesar 74,88% (memuaskan) dengan tingkat kesenjangan sebesar 25,12%. Sementera ketercapaian SMKN 7 Yogyakarta dalam memenuhi SPM Sarana Prasarana sebesar 76,77% (memuaskan) dengan tingkat kesenjangan sebesar 23,23%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase ketercapaian SMKN 7 Yogyakarta dalam memenuhi SPM Sarana Prasarana lebih baik dibandingkan SMKN 1 Yogyakarta dengan selisih 1,89%. Meskipun demikian keduanya dalam kategori memuaskan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.