KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN TERHADAP LAYANAN SIRKULASI DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Abi Yoga Setyawan,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa
layanan sirkulasi di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Daerah
Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dari
hasil penelitian diketahui pengguna perpustakaan merasa puas (belum sangat puas)
terhadap layanan sirkulasi di perpustakaan BPAD Provinsi DIY, ditunjukan dengan rerata
skor 7,13 (skala nilai 0,1 – 10). Terdapat satu unsur yang dinilai cukup memuaskan (5,36)
yaitu unsur kejelasan petugas layanan sirkulasi. Secara rinci kepuasan pengguna
terhadap layanan sirkulasi di BPAD Provinsi DIY seluruhnya dalam kategori puas
(memuaskan), tetapi skornya berbeda-beda sebagai berikut: prosedur layanan 7,56,
persyaratan pelayanan 7,73, keadaan bahan pustaka 6,21, kedisiplinan petugas 6,62,
tanggung jawab petugas layanan 7,06, kemampuan petugas layanan sirkulasi 7,42,
kecepatan layanan 6,59, keadilan mendapatkan layanan 7,92, kesopanan dan
keramahan petugas layanan 7,55, kewajaran biaya layanan 8,03, kepastian biaya
layanan 7,78, kepastian jadwal layanan 7,58, fasilitas layanan 6,91, kenyamanan
lingkungan layanan 7,25, keamanan layanan 7,33.


Kata kunci: Perpustakaan daerah, Layanan sirkulasi, Kepuasan pengguna


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.