KETERCAPAIAN STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI SEKECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketercapaian standar nasional perpustakaan sekolah di SD Negeri se-Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman pada aspek sarana prasarana perpustakaan merujuk Standar Nasional Perpustakaan yang meliputi: (1) gedung; (2) area; (3) sarana; dan (4) lokasi.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Subyek dan lokasi penelitian adalah perpustakaan SD Negeri se-Kecamatan Minggir. Obyek penelitian berupa ketercapaian standar nasional perpustakaan sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sekolah yang mencapai 100% dalam aspek gedung yaitu 3 sekolah, 5 sekolah lainnya berada pada ketercapaian 0-50%,; (2) jumlah sekolah yang mencapai 100% dalam aspek area yaitu 8 sekolah; (3) jumlah sekolah yang mencapai 100% dalamaspek sarana belum ada, capaian ke-8 sekolah berada antara 10,5-78,9%; (4) jumlah sekolah yang mencapai 100% dalam aspek lokasi perpustakaan 7 sekolah, sedangkan 1 sekolah lainnya belum mencapai.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.