KETERCAPAIAN STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI SEKECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN

Hari Kristiadi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketercapaian standar nasional perpustakaan sekolah di SD Negeri se-Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman pada aspek sarana prasarana perpustakaan merujuk Standar Nasional Perpustakaan yang meliputi: (1) gedung; (2) area; (3) sarana; dan (4) lokasi.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Subyek dan lokasi penelitian adalah perpustakaan SD Negeri se-Kecamatan Minggir. Obyek penelitian berupa ketercapaian standar nasional perpustakaan sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sekolah yang mencapai 100% dalam aspek gedung yaitu 3 sekolah, 5 sekolah lainnya berada pada ketercapaian 0-50%,; (2) jumlah sekolah yang mencapai 100% dalam aspek area yaitu 8 sekolah; (3) jumlah sekolah yang mencapai 100% dalamaspek sarana belum ada, capaian ke-8 sekolah berada antara 10,5-78,9%; (4) jumlah sekolah yang mencapai 100% dalam aspek lokasi perpustakaan 7 sekolah, sedangkan 1 sekolah lainnya belum mencapai.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.