PEMBIAYAAN PENDIDIKANDI SEKOLAH DASAR NEGERI NGROJO NANGGULAN KULON PROGO

Hanifah Yuliani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembiayaan pendidikan beserta hambatannya di SD Negeri Ngrojo Tahun Ajaran 2015/2016.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Informannyayaitukepala sekolah danbendahara sekolah.Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.Uji keabsahan data dengan triangulasi teknik dan sumber.Data dianalisis dengan model interaktif Miles Huberman.Hasil penelitian menunjukkan:1)pembiayaan pendidikan di SD Negeri Ngrojo Tahun Ajaran 2015/2016 berasal dari BOS Pusat/BOS Reguler, BOS Provinsi/BOSDA, dan  BOS Kabupaten dengan jumlah Rp 40.180.000,00 yang pengalokasiannya digunakan untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan, diantaranya Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, dan Standar Penilaian Pendidikan, kecuali Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Namun padakenyataannya, terdapat ketidaksesuaian antara pembiayaan yang tertuang dalam RKAS dengan hasil pelaksanaannya; 2)hambatannyayaitu terbatasnya dana yang diterima dari pemerintah, sekolah tidak dapat melakukan pungutan terhadap orang tua  siswa, serta sedikitnya jumlah siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.