MANAJEMEN KURIKULUM HOMESCHOOLING

Fajar Arian Oktavianto,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) memahami secara dalam bagaimana proses perencanaan kurikulum


homeschooling di lembaga penyelenggara, (2) memahami secara dalam bagaimana proses implementasi kurikulum homeschooling di lembaga penyelenggara, (3) memahami secara dalam bagaimana proses evaluasi kurikulum homeschooling di lembaga penyelenggara. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pendiri/direktur lembaga, bidang kurikulum, dan guru. Lokasi penelitian di Homeschooling Anak Pelangi dan Homeschooling Islam Fatanugraha. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan kurikulum homeschooling dimulai dari mempersiapkan kurikulum dasar, informasi peserta didik, dan pedoman pemerintah tentang pendidikan non formal. Bidang yang berwenang akan merumuskan tujuan, isi, serta metode kurikulum. (2) Implementasi kurikulum homeschooling didasarkan pada potensi, minat bakat, perkembangan dan kondisi peserta didik. (3) Evaluasi yang dilaksanakan di homeschooling masih sebatas evaluasi hasil belajar peserta didik dan kinerja tenaga pengajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.