EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN TEKNIS SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL BAGI SEKOLAH IMBAS DI LPMP DIY TAHUN 2017
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan pelaksanaan program Bimbingan Teknis SPMI bagi Sekolah Imbas di LPMP DIY tahun 2017 dari aspek (1) konteks (2) masukan (3) proses dan (4) hasil bimbingan teknis. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP oleh Stufflebeam. Subjek penelitian yaitu peserta, fasilitator dan panitia penyelenggara. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian (1) Konteks: latar belakang penyelenggaraan program sesuai dengan tugas dan visi misi LPMP, tujuan program yaitu meningkatkan kapasitas tim pejaminan mutu sekolah dalam menerapkan SPMI secara mandiri. (2) Input: peserta yaitu tim penjaminan mutu di sekolah imbas, fasilitator memenuhi persyaratan minimal, panitia penyelenggara yaitu staf Pemetaan Mutu dan Supervisi LPMP DIY. Kurikulum 32 jp dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta. Sarana dan prasarana lengkap namun wifi, kebersihan ruang makan dan kebersihan toilet perlu ditingkatkan. (3) Proses: menggunakan media visual dengan metode pembelajaran teori dan praktik. Jam pelaksanaan tidak sesuai dengan jadwal dalam struktur program (4) Hasil kuantitatif tercapai 100%, secara kualitatif keilmuan meningkat dan antusias peserta sangat baik.
Kata kunci: evalusai program, bimbingan teknis, sistem penjaminan mutu internal, sekolah imbas
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.