PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG

Dwi Andriani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap iklim sekolah dilihat pada dimensi fisik, dimensi sosial, dan dimensi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan uji validitas dan uji reliablitas. Hasil penelitian: iklim sekolah di MAN 3 Sleman dipersepsikan baik oleh para siswa. Secara fisik, mereka merasa nyaman dan puas dengan fasilitas sekolah yang mereka anggap memadai. Secara sosial, hubungan guru dengan siswa terjalin harmonis, siswa tidak segan untuk menyapa dan mengobrol dengan guru di luar kelas. Walaupun demikian, ada beberapa hal yang dirasa mengurangi kenyaman yaitu hubungan dengan beberapa guru ketika proses pembelajaran di kelas, terkait dengan cara mengajar, penggunaan media ajar, komunikasi di kelas, perhatian guru, dan perlakuan guru terhadap mereka.

Kata Kunci : Iklim Sekolah, Persepsi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.