HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN GURU DALAM MGMP BAHASA INGGRIS DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMP/MTS SE KECAMATAN PURWAKARTA

Mardani tri Purnomo,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keikutsertaan guru dalam MGMP Bahasa Inggris dengan kompetensi profesional guru mata pelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs se Kecamatan Purwakarta Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan dua variabel yaitu keikutsertaan guru dalam MGMP Bahasa Inggris dan kompetensi profesional guru mata pelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs. Subyek penelitian yaitu guru mata pelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs se Kecamatan Purwakarta dengan jumlah populasi 14 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Hal ini dikarenakan jumlah populasi yang relatif kecil yaitu kurang dari 30 orang. Istilah lain dari sampling jenuh adalah sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Selanjutnya uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas data dan uji linieritas. Kemudian uji hipotesis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara keikutsertaan guru dalam MGMP Bahasa Inggris dengan kompetensi profesional guru mata pelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs se Kecamatan Purwakarta sebesar 0,99. Perhitungan uji t menunjukkan bahwa thitung  yakni 24,32 lebih besar dari ttabel yakni 2,17 (thitung>ttabel) yang berarti nilai korelasi signifikan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.