PENGARUH PENERAPAN PRE-LECTURE QUIZ(PLQ) PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
A.K Prodjosantoso A.K Prodjosantoso, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Pre-Lecture Quiz(PLQ) pada pembelajaran kimia terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMA N 1 Kalasan kelas X tahun ajaran 2015/2016 jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik.
Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA N 1 Kalasan tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini berjumlah 53 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen yang melaksanakan pembelajaran dengan penerapan PLQ (A1) dan kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran tanpa penerapan PLQ(A2). Pengujian hipotesis menggunakan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek dan uji anakova.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (a) terdapat perbedaan motivasi belajar kimia siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan p = 0,026. (b) terdapat perbedaan prestasi belajar kimia antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai Fhitung (4,259) > Ftabel (4,034), p = 0,044.
Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA N 1 Kalasan tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini berjumlah 53 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen yang melaksanakan pembelajaran dengan penerapan PLQ (A1) dan kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran tanpa penerapan PLQ(A2). Pengujian hipotesis menggunakan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek dan uji anakova.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (a) terdapat perbedaan motivasi belajar kimia siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan p = 0,026. (b) terdapat perbedaan prestasi belajar kimia antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai Fhitung (4,259) > Ftabel (4,034), p = 0,044.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.