PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Gambar Teknik, (2) mengetahui kelayakan dari media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Gambar Teknik, dan (3) mengetahui penilaian siswa terhadap media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Gambar Teknik. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tahap analysis yang dilakukan yaitu analisis kurikulum, analisis materi, dan analisis karakter siswa. Tahap design yang dilakukan yaitu perancangan data, perancangan navigasi, dan perancangan user interface. Tahap development and implementation yang dilakukan yaitu pengembangan algoritma, pengembangan user interface dan pengembangan kode program dan menghasilkan komponen-komponen aplikasi. Tahap evaluation yang dilakukan melakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media serta uji pengguna akhir oleh siswa sebanyak 32 siswa, (2) penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 69,50 dengan kategori “sangat layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan rerata skor sebesar 123,50 dengan kategori “layak”, dan (3) penilaian oleh mendapatkan rerata skor siswa sebesar 53,41 dengan kategori “baik” digunakan sebagai media pembelajaran dari skor rerata maksimal sebesar 68.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Android, Gambar Teknik
Abstract
This study was aimed to (1) develop technical drawing based on Android, (2) understand the feasibility of technical drawing based on Android, and (3) know student’s rating for technical drawing based on Android. This research as The Research and Development Research with ADDIE’s development model. Results of this study showed: (1) the stage of analysis consisted of curriculum analysis, material analysis, and student character analysis. The stage of design consisted of data design, navigation design, and user interface design. The stage of development and implementation consisted of algorithm development, user interface development and development of program and product application. The stage of evaluation consisted of validation by material experts, media experts and user test by 32 students, (2) feasibility assessment had score 69.50 which classified as “very feasibility” by material experts. Feasibility assessment had score 123.50 which classified as “feasibility” by media experts, and (3) student’s rating had score 53.41 out of 68 which classified as “good” and it used as a learning media.
Keywords: Learning Media, Android, Technical Drawing
DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i5.9158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro