PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI PRESENTASI VIDEO MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL

Rian Agus Supandi, , Indonesia

Abstract


PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI PRESENTASI VIDEO MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL

 

THE DEVELOPMENT OF ANDROID BASED INTERACTIVE LEARNING MULTIMEDIA ON THE COMPETENCE VIDEO PRESENTATION OF DIGITAL SIMULATION SUBJECT

 

Oleh:   Rian Agus Supandi, Ariadie Chandra Nugraha

Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

            rianagussupandi@gmail.com, ariadie@gmail.com

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada kompetensi presentasi video mata pelajaran simulasi digital untuk siswa kelas X SMK Negeri 2 Pengasih, (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android oleh ahli dan respon penilaian pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri atas: (1) analisis (analysis), (2) desain (design), (3) pengembangan dan implementasi (development and implementation), dan (4) evaluasi (evaluation). Hasil respon penilaian pengguna (siswa) terhadap multimedia pembelajaran interaktif berbasis video pada kompetensi presentasi video mata pelajaran simulasi digital diketahui bahwa 71,87% siswa menyatakan produk multimedia pembelajaran interaktif dalam kategori “sangat baik” dan 28,13% siswa menyatakan produk dalam kategori “baik”.

 

Kata kunci: Multimedia pembelajaran interaktif, ADDIE, kompetensi presentasi video, simulasi digital

 

Abstract

The purpose of the research is to: (1) determine the design of android based interactive learning multimedia on the competence of the video presentation of digital simulation subject for X class SMK Negeri 2 Pengasih, (2) determine the feasibility of android based interactive learning multimedia by experts, and users’ feedback. This study is a research and development. The development model used ADDIE which consists of: (1) analysis, (2) design, (3) development and implementation, and (4) evaluation. The result of the assessment response (student) for android based interactive learning multimedia on the competence of the video presentation of digital simulation subject know that 71,87% students stated that interactive learning multimedia declared with "very good" and 28,13% students stated that interactive learning multimedia declared with "good".

 

Keywords: Interactive learning multimedia, ADDIE, video presentation competency, digital simulation

 


Full Text:

PDF 221-229


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i3.8681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro