IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN KEJURUAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK N 1 PURWOREJO

Hanifah Purwaningtyas, , Indonesia

Abstract


IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN KEJURUAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK

SMK N 1 PURWOREJO

 

THE IMPLEMENTATION OF LEARNING OF VOCATIONAL SUBJECT MATTER AT DEPARTMENT  OF INSTALLATION TECHNIQUE OF ELECTRICAL POWER UTILIZATION

 

Oleh: Hanifah Purwaningtyas, Edy Supriyadi

Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

hanifhanifah5332@gmail.com, edy_via@yahoo.com

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, fasilitas pembelajaran, dan hasil pembelajaran mata pelajaran kejuruan Paket Keahlian Teknik Instalasi pemanfaatanTenaga Listrik SMK N 1 Purworejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan metode Countenance Stake. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran kejuruan kelas XI Paket Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 1 Purworejo sebanyak 7 orang, dan siswa kelas XI Paket Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK N 1 Purworejo sebanyak 94 orang tahun pelajaran 2016/2017. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) aspek  perencanaan pembelajaran (tahap antecedents) menurut guru termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 73,57 dari nilai tertinggi ideal 88; (2) aspek proses pembelajaran (tahap transaction) menurut guru termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 156,9 dari nilai tertinggi ideal 180  dan menurut siswa termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 96,9 dari nilai tertinggi ideal 120; (3) aspek fasilitas pembelajaran (tahap transaction) menurut guru termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 53,71 dari nilai tertinggi ideal 60 dan menurut siswa masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 48,80 dari nilai tertinggi ideal 60; serta (4) aspek hasil pembelajaran (tahap outcomes) menurut guru masuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 42,00 dari nilai tertinggi ideal  48  dan menurut siswa masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 30,59 dari nilai tertinggi ideal  48.

 

Kata kunci: implementasi, kurikulum, pembelajaran

 

Abstract

This research aims to determine the planning of learning, learning proccess, learning facilities and learning outcomes of vocational subjects matter at Department of Installation Technique of Electrical Power Utilization at SMK N 1 Purworejo. This was a research evaluation with Stake Countenance method. The subjects were seven teachers of vocational courses and 94 students of 11th grade Department of Installation Technique of Electrical Power Utilization, SMK N 1 Purworejo. Data were collected using questionnaires, interviews and documentation. Analysis of the data used was descriptive analysis of both quantitative and qualitative. The survey results revealed that: (1) by the teacher, aspects of the learning plan (antecedents phase) was categorized as excellent with an average value of 73.57 out of 88; (2) by the teachers, aspects of the learning process (transaction phase) was categorized as excellent with an average value of 156.9 out of 180, and by the students, it was categorized as good with an average value of 96.9 out of 120; (3) by the teachers, aspects of learning facilities (transaction phase) was categorized as excellent with an average value of 53.71 out of 60, and by students, it was categorized as good with an average value of 48.80 out of 60; and (4) by the teachers, aspects of the learning outcomes (outcomes phase) was categorized as excellent with the average value of 42.00 out of 48, and by students, it was categorized as good with an average value of 30.59 out  of 48

Keywords: implementation, curriculum, learning

Full Text:

PDF 53-59


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i1.8653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro