PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENGENALAN ALAT UKUR SISWA KELAS X SMK N 1 CLUWAK PATI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik siswa pada mata pelajaran pengenalan alat ukur. Penelitian ini merupakan quasi experiment. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar aspek kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran metode Guided Discovery Learning secara signifikan dibanding dengan pembelajaran Teacher Centered Learning pada mata pelajaran pengenalan alat ukur (sig=0,000; = 4,783 2,000), terdapat perbedaan hasil belajar aspek afektif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Guided Discovery Learning secara signifikan dibanding dengan pembelajaran Teacher Centered Learning pada mata pelajaran pengenalan alat ukur (sig=0,010; = 2,652 2,000), tidak terdapat perbedaan hasil belajar aspek psikomotorik siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Guided Discovery Learning secara signifikan dibanding dengan pembelajaran Teacher Centered Learning pada mata pelajaran pengenalan alat ukur (sig=0,132; = 1,526 2,000).
Kata kunci: hasil belajar, guided discovery learning, pengenalan alat ukur
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik siswa pada mata pelajaran pengenalan alat ukur. Penelitian ini merupakan quasi experiment. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar aspek kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran metode Guided Discovery Learning secara signifikan dibanding dengan pembelajaran Teacher Centered Learning pada mata pelajaran pengenalan alat ukur (sig=0,000; = 4,783 2,000), terdapat perbedaan hasil belajar aspek afektif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Guided Discovery Learning secara signifikan dibanding dengan pembelajaran Teacher Centered Learning pada mata pelajaran pengenalan alat ukur (sig=0,010; = 2,652 2,000), tidak terdapat perbedaan hasil belajar aspek psikomotorik siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Guided Discovery Learning secara signifikan dibanding dengan pembelajaran Teacher Centered Learning pada mata pelajaran pengenalan alat ukur (sig=0,132; = 1,526 2,000).
Kata kunci: hasil belajar, guided discovery learning, pengenalan alat ukur
DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i4.5703
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro