PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIFDASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK PROGRAM KEAHLIANTEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran interaktif dasar dan pengukuran listrik program keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif dasar dan pengukuran listrik program keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik, dan (3) mengetahui penilaian respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif dasar dan pengukuran listrik program keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE untuk pengembangan materi media pembelajaran interaktif dan model p Waterfalluntuk mengembangkan perangkat lunak media pembelajaran interaktif. Instrumen yang digunakan angket dengan empat pilihan jawaban untuk ahli dan untuk siswa. Validitas yang digunakan untuk instrumen menggunakan validitas konstruk dengan hasil “layak digunakan”. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) penilaian unjuk kerja media pembelajaran interaktif dasar dan pengukuran listrik d iperoleh rerata nilai 100 yangdikategorikan “Sangat Baik”, (2) kelayakan materi media pembelajaran interaktif dasar dan pengukuran listrik ditinjau dari ahli materi diperoleh rerata nilai sebesar 79,17 yang dikategorikan “Sangat Layak”, Kelayakan perangkat lunak media pembelajaran interaktif ditinjau dari ahli media diperoleh rerata nilai sebesar 69,44 yang dikategorikan “Layak”, dan (3) penilaian respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif dasar dan pengukuran listrik diperoleh rerata nilai sebesar 85,07 yang dikategorikan “Sangat Layak”.
Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, ADDIE, Waterfall, Dasar dan Pengukuran Listrik
Abstract
This research aimed to know (1)performance (2) feasibility (3) and responses of the student assessment on interactive learning mediabasic electric and electrical measurements competency for technical expertise on instalation of electrical power utilization. This research was research and development ( R & D ), with ADDIE model for developing material of interactive learning media, and Waterfall modelfor developing software of interactive learning media.The instrument used was questionnairewith four choicesfor experts and students.Instrument validity used was validity construct gaining”feasible to used”.The results of this research were (1) performance assessment of interactive learning media achieved a mean value of 100, classifiedas”very good”. (2) the feasible assessment material of interactive learning media achieved a mean value of 79.17, classifiedas “highly feasibility”. The feasibility assessment of software of interactive learning media achieved a mean value of 69.44, classifiedas“feasible”. (3) the assessment of the studentresponse gained a mean value of 85.07, classifiedas “highly feasible”.
Keyword: the development of learning media, ADDIE, Waterfall, basic electrical and electrical measurements
Full Text:
59-65DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i3.4394
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro