KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PENGASIH
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik dengan pembelajaran saintifik menggunakan mobile learning dan dengan pembelajaran teacher centered learning; (2) keefektifan pembelajaran saintifik menggunakan media mobile learning pada mata pelajaran dasar dan Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
pengukuran listrik. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experiment. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa aspek kognitif pada pembelajaran saintifik menggunakan media mobile learning secara signifikan dibanding dengan pembelajaran teacher centered learning (sig=0,000;= 5,776 2,000), terdapat perbedaan hasil belajar siswa aspek afektif pada pembelajaran saintifik menggunakan media mobile learning secara signifikan dibanding dengan pembelajaran teacher centered learning (sig=0,003;= 3,049 2,049), dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa aspek psikomotorik pada pembelajaran saintifik menggunakan media mobile learning secara signifikan dibanding dengan pembelajaran teacher centered learning (sig=0,004;= 2,962 2,000); (2) pembelajaran saintifik menggunakan media mobile learning lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran teacher centered learning dikarenakan hasil pengujian pada kelas eksperimen (sig=0,000;= 17,2 2,048) lebih tinggi dari kelas kontrol (sig=0,000;= 7,612 2,042).
Kata kunci: hasil belajar, mobile learning, pembelajaran saintifik
Abstract
This research aims to know: (1) the differences of student learning outcomes in cognitive, affective, and psychomotor aspects on introduction and measurements of electrical using scientific-learning-assisted mobile learning compared to teacher-centered-learning ones; (2) the effectiveness of scientific-learning-assisted mobile learning on introduction and measurements of electrical. This Research was quasi experiment. The results of research show that: (1) there is significant difference of outcome in cognitive aspect between scientific-learning-assisted mobile learning compared to teacher centered learning (sig=0.000;= 5.776 2.000), there is significant difference of outcome in affective aspect between scientific-learning-assisted mobile learning compared to teacher centered learning (sig=0.003;= 3.049 2.049), there is significant difference of outcome in psychomotor aspect between scientific-learning-assisted mobile learning compared to teacher centered learning (sig=0.004;= 2.962 2.000; (2)the scientific-learning-assisted mobile learning is more effective than teacher-centered learning because the result of test in experiment class (sig=0.000;= 17,2 2.048) is higher than control class (sig=0.000;= 7,612 2.042).
Keywords: student learning outcomes, mobile learning, scientific learning.
Full Text:
17-26DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i3.4385
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro